GAMBARAN UMUM DESA

Gambaran Umum Desa Kepoh

Desa Kepoh merupakan salah satu dari desa yang terletak di Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah dengan luas wilayah 200,92 ha. Wilayahnya yang meliputi tanah karas, tanah sawah, sungai, jalan, kuburan, dll.

Desa Kepoh memiliki jumlah penduduk sebanyak 2007 orang, yang terdiri dari 1020 laki-laki dan 987 perempuan dengan jumlah 626 Kartu Keluarga (KK).

Batas-batas wilayah Desa Kepoh :

  • Sebelah utara : Laut
  • Sebelah selatan : Desa Sidoharjo
  • Sebelah barat : Desa Tlogoharum
  • Sebelah timur : Desa Tluwuk

Sedangkan jarak tempuh Desa Kepoh dengan kecamatan/kabupaten relative mudah untuk dijangkau oleh masyarakat dengan berbagai komoditi transportasi.

1. Keadaan Sosial

Maju mundurnya suatu masyarakat pada dasarnya dapat dilihat dari tingkat pendidikan warga masayarakat itu sendiri. Tingkat pendidikan Desa Kepoh telah mengalami perkembangan dan kemajuan hal ini terbukti dengan berdirinya lembaga pendidikan seperti, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK (Taman Kanak-kanak), SD (Sekolah Dasar), dan SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Dibidang kesehatan dari waktu ke waktu juga mengalami peningkatan yaitu dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Seperti diadakannya posyandu untuk balita dan lansia, kemudian ada kelas ibu hamil.

2. Keadaan Ekonomi

Penduduk Desa Kepoh sebagian besar bekerja sebagai petani disamping sebagian sebagai buruh tani, petani sawah, petani tambak, buruh bangunan, usaha kios. Sedangkan potensi desa yang menonjol adalah potensi persawahan (petani padi) dan perikanan (petani tambak).