Pentingnya Posyandu bagi Balita dan Lansia

Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan/program dari tenaga medis atau puskemas setempat yang dilaksanakan tiap satu bulan sekali di tiap-tiap pos yang telah ditentukan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at (17/9). Posyandu yang dilaksanakan di Desa Kepoh setiap seminggu sekali pada hari jum’at di Balai Desa. Adapun kegiatan posyandu yang ada di Desa Kepoh meliputi penimbangan berat badan pada balita dan lansia, pengukuran tinggi badan, pemberian vitamin, dan pengecekan tekanan darah pada lansia.

Sejak awal masa pandemi Covid-19 banyak posyandu yang tutup, sehingga menghambat pemantauan perkembangan balita dan lansia. Seiring berjalannya waktu, menyadari pentingnya pemantauan perkembangan balita dan lansia Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas meminta agar Posyandu kembali dibuka dengan memerhatikan protokol kesehatan.

Untuk mencegah kerumunan warga, maka para kader Posyandu membagi jadwal Posyandu kepada seluruh sasaran. Para sasaran yaitu orang tua/lansia dan balita mereka datang sesuai jadwal yang ditentukan, wajib memakai masker serta mematuhi protokol kesehatan 3M.

Kegiatan Posyandu yang diadakan di Balai Desa Kepoh ini dibantu oleh para kader Posyandu, bidan desa dan Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus. Sehingga kegiatan Posyandu berjalan dengan lancar dan tertib. Kegiatan yang dilakukan berupa penimbangan berat badan pada balita dan lansia, pengukuran tinggi badan pada balita, pengecekan tekanan darah pada lansia, pemberian Vitamin A dalam bentuk kapsul untuk diteteskan di rumah, pemberian obat cacing bagi balita, dan konsultasi pribadi untuk lansia.

Kegiatan Posyandu balita dan lansia tidak jauh berbeda, yang membedakan hanyalah pada Posyandu lansia terdapat pelayanan kesehatan seperti pengobatan sederhana, dan kegiatan penyuluhan atau konseling kepada para lansia yang harus dijaga dan dilakukan pada usia lanjut.

Dengan adanya Posyandu ini masyarakat Desa Kepoh memberi tanggapan positif bahwasannya mereka menilai kegiatan Posyandu ini dapat membantu mereka mengetahui dan memantau perkembangan anak dan lansia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan