Mahasiswa KKN Desa Kepoh Ikut Berpartisipasi dalam Kegiatan Kelas Ibu Hamil

Sabtu, 18 September 2021, diadakan kelas ibu hamil yang bertempat di Balai Desa Kepoh. Kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan calon ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, dan penyakit menular.

Kelas ibu hamil yang diadakan di Desa Kepoh diikuti oleh 8 peserta, mulai usia kandungan 12 minggu sampai 36 minggu (menjelang persalinan). Fasilitas yang disediakan dalam kelas ibu hamil diantaranya yaitu mendatangkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Wedarijaksa II sebanyak 2 orang, sehingga ibu hamil dapat berkonsultasi dan menanyakan berbagai hal terkait kehamilan.

Kegiatan kelas ibu hamil ini dipandu dan diisi oleh tenaga kesehatan, bidan desa, dan kader kesehatan Desa Kepoh. Kegiatan yang dilakukan meliputi pemberian materi tentang persalinan, nifas, mitos, dan kekurangan darah pada ibu hamil. Salah satu petugas kesehatan menyatakan bahwa anemia kerap dialami oleh ibu hamil. Pengendalian anemia dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan zat besi, asam folat, dan vitamin B12, baik berupa suplemen sesuai resep dokter atau mengonsumsi makanan kaya zat besi, asam folat atau vitamin B12 misalnya daging, sayur, ikan, dan sebagainya. Kegiatan kelas ibu hamil dimulai dengan memberikan pre-test tentang pengetahuan ibu hamil mengenai tanda-tanda persalinan dan diakhiri dengan pemberian post-test untuk evaluasi akhir pada kelas ibu hamil.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan