DESA KEPOH PANTAU DAYA TUMBUH KEMBANG BALITA DENGAN POSYANDU

Pelayanan Posyandu Melati 4 Di Desa Kepoh diselenggarakan dengan menggunakan protokol kesehatan di masa pandemi. Kegitan ini dilaksanakan pada Senin (24/8).  Para Kader Kesehatan Desa Kepoh selalu sigap memeriksa berat badan, pengukuran tinggi badan guna pecegahan stunting pada anak.

 

Pemeriksaan daya tumbuh kembang Balita dan memberikan arahan tentang asupan Gizi pada anak juga dilakukan oleh para kader dan juga bidan desa Kepoh.  Suksesnya kegiatan posyandu ini, tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Pelayanan Posyandu kali ini tepat dengan pemberian Vitamin A untuk balita.

Menurut laman http://promkes.kemkes.go.id/, Bulan Februari dan Agustus adalah bulan vitamin A. Di kedua bulan ini anak bisa mendapatkan berupa suplementasi vitamin A Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Vitamin A dalam bentuk kapsul merah juga diberikan kepada ibu nifas.

Manfaat Pemberian Vitamin A untuk Anak

  • Vitamin A/retinol terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.
  • Adapun vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Sedangkan apabila anak kekurangan vitamin A maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare.

 

‘Pelayanan Posyandu yang biasanya dilaksanakan setiap hari Jum’at  dimajukan hari Senin karena terkait data posyandu harus segera masuk di Puskesmas Wedarijaksa II. Dalam kegitan ini saya dan bersama teman-teman kader Desa Kepoh dapat mengetahui tumbuh kembang balita, gizi balita, dan juga sekaligus menjadi ajang sosialisasi protokol kesehatan, mulai dari penggunaan masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak,” Ungkap Bidan Desa Kepoh Rahayu Widyastuti (24/08/2020)

(Dhita Umiyanti)

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan