KEMERIAHAN SEDEKAH BUMI DESA KEPOH TAHUN 2019

Upacara adat sedekah bumi di desa Kepoh biasanya di adakan di bulan Dzulqo’dah (apit), Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa bentuk hasil bumi. Upara ini sangat populer di Indonesia khususnya di pulau Jawa.

Kemeriahan sedekah bumi di desa Kepoh Kecamatan Wedarijaksa pada tahun 2019, di meriahkan dengan mengadakan lomba-lomba :

  1. Lomba ibu PKK desa Kepoh, dimeriahkan dengan lomba senam aerobik musik dangdut dan lomba masak makanan hasil bumi tambak desa kepoh dengan tema olahan ikan bandeng.
  2. Lomba karang taruna, di meriahkan dengan lomba voli antar RT

Pentas seni juga ikut memeriahkan Sedekah bumi di desa Kepoh. antara lain seni tari dari perwakilan peserta didik dari Taman kanak-kanak dan SDN Kepoh. Seni rebana  dan ceramah agama perwakilan dari santri desa Kepoh.

 

Kesenian Ketoprak sebagai media interaksi simbolis dalam kemeriahan hari sedekah bumi. Dengan segala puji terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas nikmatNya penutupan acara sedekah bumi biasanya setiap tahun di adakan Pengajian Akbar.

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan